Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa

Rabu 15 Desember 2021, Prodi Magister Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga kembali menggelar kegiatan pelatihan penulisan artikel jurnal untuk para mahasiswa. Kegiatan pelatihan ini diadakan secara luring maupun daring melalui aplikasi Zoom meeting mulai pukul 07.30 sampai 16.30 WIB. Panitia mengundang dua narasumber dalam acara ini, yaitu M. Syifa Amin Widigdo, Ph.D. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Dr. Azkia Muharom Albantani dari Pengelola Perkumpulan Jurnal Kajian Bahasa Arab (PPJKBA).

Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan dari wakil dekan I bidang akademik, Dr. Ubaidillah, SS., M.Hum. dilanjutkan dengan sambutan dari kaprodi BSA S2, Dr. Hj. Tatik M. Tasnimah, M.Ag.

Pada sesi pertama, pemaparan dari M. Syifa Amin Widigdo, Ph.D. Beliau menyampaikan materi tentang teknik penulisan abstrak, penulisan artikel hasil kajian dan artikel hasil penelitian. Menurutnya, abstrak memegang peranan sangat penting karena dapat menentukan apakah suatu artikel layak baca atau tidak. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang langkah-langkah dalam menulis suatu artikel, mulai dari menentukan topik sampai tahap publikasi di jurnal ilmiah. Sesi ini dipandu oleh Drs. Mustari, M.Hum.

Setelah itu, sesi kedua dimoderatori oleh Tika Fitriyah, M.Hum. Narasumber kedua, Dr. Azkia Muharom Albantani menyampaikan materi tentang cara menulis artikel untuk jurnal terakreditasi. Beliau juga memberikan tips dan trik agar suatu artikel dapat menembus jurnal-jurnal terakreditas berperingkat tinggi. Dalam sesi ini, disampaikan pula review untuk beberapa artikel mahasiswa yang sudah dikirimkan kepada panitia.

Seluruh materi presentasi dari para narasumber bisa diakses melalui link berikut ini:http://bsamagister.uin-suka.ac.id/id/dokumen

Berita Terkait

Berita Terpopuler