Kuliah Umum Program Magister 2021

Program studi magister Fakultas Adab dan Ilmu Budaya mengadakan acara kuliah umum untuk semua mahasiswa program magister, baik magister Bahasa dan Sastra Arab (S2 BSA) maupun magister Sejarah Peradaban Islam (S2 SPI). Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021 melalui zoom meeting. Dalam acara ini, panitia mengundang narasumber yaitu Ahmad Sahidah, Ph.D., dosen pengajar di Universitas Nurul Jadid Probolinggo. Adapun kuliah umum ini mengambil tema Bahasa dan Sejarah dalam Perspektif Filsafat.

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan bahwa filsafat dalam dunia bahasa. Persoalan filsafat itu persoalan bahasa. Dalam filsafat, masalah kebenaran diperbincangkan dalam epistemologi. Bagi beberapa ahli filsafat bahasa, kebenaran bahasa diukur berdasarkan kebermaknaannya. Suatu kalimat dianggap benar jika bermakna, dan sebaliknya dianggap tidak benar jika tidak bermakna.

Filsafat bisa dipahami sebagai kerangka berpikir. Filsafat bukan hanya ranah zaman klasik, karena filsafat juga sangat dibutuhkan di zaman sekarang dalam menemukan kebenaran pengetahuan. “Walapun di zaman ini orang-orang lebih suka dengan hal yang cepat dan instan, filsafat tetap dibutuhkan dalam berbagai disiplin ilmu”. Tutur narasumber.

Secara lengkap, acara ini dapat disimak pada link video berikut ini: https://bit.ly/KuliahUmumMagister2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler